Monday, February 20, 2012

Solusi Sumber Daya Untuk Wiimote

Berikut ingin saya bagikan pengalaman memberikan sumber daya ke Wiimote. Sebagaimana kita ketahui Wiimote memerlukan sumber daya berupa 2 buah batere ukuran AA. Dengan kata lain besarnya tegangan yang diperlukan totalnya adalah 3 Volt. Agar tidak di ribetkan mesti mengganti-ganti batere yang sudah habis dayanya, maka saya menggunakan sumber daya dari PLN langsung. Artinya saya memerlukan sebuah adaptor yang bisa mengubah sumber daya AC 220 V dari PLN menjadi sumber daya DC 3 Volt. Untungnya adaptor seperti ini banyak tersedia dipasaran.
Contoh Adaptor yang saya pakai



Yang saya lakukan hanyalah mengupas kabel dari adaptornya terus saya lengketkan ke Wiimotenya. Cukup sederhana saja memang caranya tetapi ini sungguh efisien. Apalagi bagi yang ingin memasangkan Wiimotenya ke langit-langit, dengan cara ini kita tidak perlu susah-susah lagi mengganti batere Wiimotenya. Ada lagi keuntungan dari cara ini yakni untuk menghubungkan Wiimote dengan PC melalui bluetooth, saya tak perlu lagi menekan tombol 1 dan 2 seperti biasanya. Gimana caranya?

Nah coba anda lihat di tempat baterenya, ada suatu tombol kecil berwarna merah. Nah tombol ini fungsinya sama dengan kita menekan tombol 1 dan 2 secara bersamaan. Begitu tombol merah ini di pencet akan terlihat 4 buah lampu Wiimotenya hidup bersamaan. Ini artinya Wiimotenya dalam keadaan 'discoverable' yang memungkinkan bluetooth PC-nya bisa terhubung dengan Wiimotenya.

Jadi yang anda perlu lakukan adalah membuat tombol kecil merah ini selalu dalam keadaan tertekan. Dalam kasus ini, saya menyelipkan styrofoam di tombol ini sehingga begitu casing baterenya di tutup maka tombol kecil merah ini akan selalu dalam keadaan tertekan. Alih-alih mesti menekan tombol 1 dan 2 secara bersamaan, maka sekarang saya cukup menghidupan adaptornya maka Wiimote ku pun siap terhubung dengan PC-ku. Dan artinya saya bisa meletakkan Wiimote ku dilangit-langit kelas tanpa hambatan yang berarti lagi. Bagi yang kurang paham bisa menghubungi saya kembali. Selamat mencoba !

Contoh Posisi Wiimote di gantung bersamaan dengan Proyektor

Dengan posisi seperti ini tidak perlu kalibrasi lagi setiap ingin menggunakan Wiimote

No comments:

Post a Comment