Thursday, March 6, 2014

Solusi Koneksi Wii Remote Motion Plus Inside

Wii Remote keluaran terbaru umumnya sudah di gabung dengan Motion Plus . Untuk keperluan Papan Interaktif Wiimote , penambahan aksesoris ini tidak bermanfaat berhubung yang kita dayakan adalah kamera inframerah dari Wiimote-nya.


Solusi untuk Wii Remote Motion Plus ini saya dapatkan dari  http://www.smoothboard.net/wiiremoteplus/ .

Yang pertama yang harus dilakukan adalah meng-install driver bluetooth dari Toshiba . Programnya bisa di unduh di sini . Bluetooth donglenya masih bisa pakai yang lama dan dongle yang sederhana seperti ini sudah saya coba bisa. Lalu install juga Smoothboard Air With Duo yang bisa di download di sini .

Tata cara menghubungkan Wii Remote dengan komputer tidak akan saya bahas secara detail disini berhubung sudah ada di  http://www.smoothboard.net/wiiremoteplus/ . Bluetooth bawaan laptop bisa di biarkan dalam artian tidak perlu di uninstall , jadinya laptopnya ada 2 buah bluetooth seperti terlihat pada gambar di bawah ini :




Wii Remote dengan Motion Plus akan terdeteksi sebagai Nintendo RVL-CNT-01-TR oleh bluetoothnya.


Untuk mengkoneksi kan wiimote -nya tidak bisa lagi memakai kombinasi tombol 1 + 2 tetapi harus melalui tombol merah ( sync button ) di dekat tempat baterai seperti gambar di bawah ini :


 Sesudah terkoneksi maka pastikan simbolnya seperti gambar dibawah ini :


Setelah terkoneksi seperti gambar diatas, langkah selanjutnya tinggal jalankan Smoothboard dan Papan Interaktif -nya pun sudah bisa dipakai. Selamat mencoba ! .

3 comments:

  1. Terima kasih atas pencerahannya. Terima kasih ijin coba gan

    ReplyDelete
  2. wiimote tidak terdeteksi di pc muncul unable to detect device gimana ya

    ReplyDelete