Monday, March 10, 2014

Moodle melalui Piratebox

Di minggu malam dimana hujan lagi mengguyur kota Medan tercinta, saya ingin berbagi pengalaman lagi. Bagi guru/tentor pasti pernah memberikan semacam quiz/test kepada anak didik. Biasanya quiz diberikan dalam bentuk kertas yang akan diisi jawabannya oleh anak didik. Selanjutnya hasil quiz di kumpulkan dan di periksa oleh gurunya.





Itulah yang biasanya saya lakukan di kelas. Tetapi berhubung sudah mengenal Piratebox maka kegiatan ini saya ganti. Quiz akan saya berikan pada anak didik dalam bentuk file html. Selanjutnya file ini saya upload ke Piratebox. Anak didik tinggal mengakses file tersebut dan mengerjakannya melalui handphone/tablet yang sudah terhubung ke Piratebox secara Wi Fi.

Berkat sedikit bantuan Javascript , maka quiz langsung bisa diperiksa langsung melalui handphone/tablet. Hasilnya kemudian bisa dilaporkan ke saya. Cara ini tentunya menghemat waktu karena tidak perlu diperiksa secara manual. Tentunya ada sedikit kelemahan disini, salah satunya guru tidak bisa mengetahui soal manakah yang tidak bisa di jawab oleh sang anak didik.

Setelah mencari bantuan di sana sini, akhirnya ada sedikit pencerahan menyinari diriku. Bantuan itu bernama Moodle. Ini aplikasi sebenarnya sudah pernah saya pakai versi onlinenya tetapi tidak terpikirkan untuk menggunakannya versi offline sampai saat ini.


Bagi pembaca yang masih awam, bisa google sebentar. Tetapi intinya moodle adalah semacam aplikasi interaktif untuk belajar jarak jauh. Jadi melalui moodle , sang guru bisa memberikan bahan ajar dan tentunya quiz/test kepada peserta didik secara  online maupun offline.

Cara mengadopsi teknologi ini pun cukup mudah bagi saya yang awam mengenai server dan jaringan. Tinggal download paket lengkap di website moodlenya. Install di laptop jadul saya yang masih Windows XP. Oalala....Moodle pun bisa saya nikmati melalui koneksi Wi Fi nya Piratebox.

Peserta didik tinggal koneksi ke Piratebox, lalu disana saya kasih link ke Moodle yang sudah terinstall di laptop saya. Ingat untuk mengatur Firewall Windowsnya agar bisa terkonek. Sejauh ini saya cukup puas dengan performansinya walaupun laptop saya yang berfungsi sebagai server tidak lah canggih amat spesifikasinya.

Walaupun ada beberapa peserta didik yang agak kesulitan mengakses Moodlenya, tapi saya yakin bisa di cari akal permasalahannya. Kelebihan moodle adalah kemampuan databasenya yakni misalnya hasil quiz bisa tersimpan rapi dan ditampilkan sesuai keinginan. Fitur fitur lain seperti adanya Chat, Message, dan lain lain menurut saya sudah lebih dari cukup.

Semoga ke depannya Moodle ini bisa saya manfaatkan semaksimal mungkin sehingga
bertahan lama di dalam laptop saya. :-)
Selamat mencoba!.

No comments:

Post a Comment