Saturday, November 17, 2012

Solusi Kareha ImageBoard Hilang / Kosong di Piratebox

Setelah semalam suntuk mengupgrade Piratebox sehingga memiliki Kareha Discussion Board, disini saya mau sharing agar nantinya menjadi mudah bagi yang lain. Kahera ini nantinya setelah di masukkan ke Piratebox akan berfungsi sebagai tempat diskusi atau forum. Menu baru dihalaman depan akan muncul "Discuss it here". Begitu kata 'here' ditekan maka akan dibawa ke Piratebox Board yang dimaksud.

Langkah-langkahnya mirip seperti menginstall piratebox tempo hari tetapi lebih singkat. Kebetulan saya menggunakan Windows, dan oleh itu saya tetap memerlukan program bernama Putty untuk masuk ke dalam Piratebox-nya. Setelah itu tinggal mengikuti langkah yang ada dihalaman berikut:
 http://forum.daviddarts.com/read.php?2,3820,4064#msg-4064


Setelah selesai maka akan muncul menu baru seperti gambar di atas.  
Begitu di klik 'here' maka akan muncul Piratebox Board seperti gambar diatas.

Nah pekerjaan saya kira telah selesai. Tapi begitu piratebox nya saya matikan dan kemudian hidupkan kembali, sesuatu terjadi. Tiba-tiba muncul halaman kosong ( blank page ) begitu saya ingin akses kembali Piratebox Board-nya. Kemudian saya install berulang-ulang tetapi hal yang sama terjadi lagi.

Untuk mengembalikan Kareha ( Piratebox Board) ini maka hanya diperlukan langkah yang sederhana saja ternyata. Dengan asumsi anda masih terhubung dengan piratebox, maka dengan program Putty silahkan anda masuk ke Piratebox dengan  SSH ke 192.168.1.1. Kemudian ketikkan perintah dibawah untuk menghapus file index.html.

rm /opt/piratebox/www/board/index.html

Lalu langkah terakhir adalah mengakses kembali Kareha dengan mengetikkan perintah di browser anda :

http://piratebox.lan/board/kareha.pl

Semoga Kareha -nya akan kembali muncul. Silahkan mencoba!

No comments:

Post a Comment