Sunday, November 11, 2012

Sharing / Berbagi pakai Data Dengan Efektif Dan Efisien melalui PirateBox

Ada kalanya kita sebagai pengajar ingin berbagi data dengan murid. Yang terpikirkan oleh saya dulunya adalah dengan membuat suatu website/blog. Nah dengan blog tersebut nantinya para murid bisa mengakses data yang ingin kita sharing melalui internet dimana saja dan kapan saja. Solusi yang bagus tentunya.

Tetapi ada kalanya kita ingin data kita bisa segera didapatkan dan dinikmati segera oleh mereka. Berhubung kebanyakan dari murid memiliki HandPhone yang memiliki fasilitas Bluetooth, maka saya pun berbagi data melalui Bluetooth. Tetapi kelemahan dari cara ini adalah kerepotan untuk 'pairing' dan 'sending' data yang mesti berulang-ulang untuk setiap murid.



Akhirnya saya temukan cara yang lebih efektif dan efisien secara tidak sengaja. Nama alatnya bernama PirateBox. Piratebox pada intinya adalah sebuah Router yang berfungsi sebagai AccessPoint. Nantinya setiap peralatan (Tablet Andorid, Ipad, BlackBerry, Nintendo DS, PSP) yang bisa nge-WiFi bisa mengakses data yang ingin kita sharingkan. Mungkin terdengar agak bingung untuk sebagian pembaca, tapi percayalah alat ini tidak begitu sukar dibuat. Untuk lengkapnya bisa dilihat di http://johanrusli.blogspot.com/2012/08/piratebox-di-tp-link-mr3020-ku.html
Piratebox di Samsung Galaxy Tab, Blackberry, Sony Xperia, Ipad 3
Piratebox bahkan bisa diakses melalui Sony PSP

Kelebihan neh alat adalah akses data bisa terjadi secara simultan , jadi tidak perlu satu persatu di kirimkan datanya. Dan hebatnya lagi diantara para murid juga bisa saling bertukaran data. Data dalam hal ini bisa berupa gambar, lagu, kuiz, video dan sebagainya yang bisa disimpan dalam bentuk digital. Sampai saat ini saya merasa terbantu banget dengan adanya alat ini. 

Walaupun ini alat bisa dibuat sendiri, saya tidak keberatan membantu teman-teman sekalian ( yang tidak mau repot ) untuk dibuatin neh benda. Selamat mencoba !

No comments:

Post a Comment