Tuesday, April 8, 2014

Install Piratebox secara Offline

Sekarang ini telah ada cara yang lebih sederhana untuk menginstall Piratebox walaupun terbatas untuk beberapa router seperti TP Link MR3020 , MR3040, dan beberapa router lainnya. Jika sebelumnya mesti terkoneksi dengan internet dan edit sana sini tetapi kali ini jauh lebih mudah.

Oke kita mulai saja, mula-mula disiapkan dulu beberapa file yang diperlukan. Yang pertama dan paling penting adalah firmware dari router yang kita gunakan. Semoga router anda ada di http://beta.openwrt.piratebox.de/auto/  . Contohnya jika routernya adalah TP Link MR3020 maka download firmware yang http://beta.openwrt.piratebox.de/auto/piratebox_openwrt-ar71xx-generic-tl-mr3020-v1-squashfs-factory.bin .



Setelah itu download paket piratebox-nya yang ada di  http://beta.openwrt.piratebox.de/auto/install_piratebox.zip . Langkah berikutnya adalah meng-ekstrak paket ini ke dalam flashdisk. Pastikan di dalam flashdisk sekarang terdapat sebuah folder bernama "install" , hasil dari proses ekstrak tadi. Flashdisk kemudian dicolokkan ke router-nya.

Router dihidupkan. Asumsi routernya TP Link-nya masih dengan firmware original maka tinggal di flash saja dengan firmware yang telah kita download tadi http://beta.openwrt.piratebox.de/auto/piratebox_openwrt-ar71xx-generic-tl-mr3020-v1-squashfs-factory.bin


Langkah berikutnya hanya perlu menunggu dengan sabar berhubung perlu beberapa menit untuk melakukan proses automasi -nya. Setelah beberapa saat routernya pun siap diakses dengan tanda WiFi dengan nama Piratebox - Share Freely telah muncul. Selamat mencoba !

Referensi :
http://piratebox.aod-rpg.de/dokuwiki/doku.php/piratebox_1.0_pre_install_guide_auto_install
http://forum.daviddarts.com/read.php?2,9526

No comments:

Post a Comment